Selasa, 19 Juni 2012

Cara Mempercepat Komputer Windows XP SP2, SP3


Cara Mempercepat Komputer Windows XP SP2, SP3

Cara mempercepat komputer, membuat komputer lambat menjadi cepat bagi pengguna Windows XP SP2 dan SP3, tips mempercepat loading komputer tanpa biaya, tips memaksimalkan kinerja komputer, tricks mengatasi komputer yang lambat, tweak registry untuk meningkatkan kinerja windows xp computer. 

Posting ini Saya buat karena Saya pernah memiliki komputer yang lambat ketika di operasikannya, setelah surfing dan berkonsultasi lewat mbah 
Google akhirnya banyak tips and tricks yang bisa di gunakan dalam mengatasi komputer yang lambat. 


Teknik yang Saya dapat dari beberapa sumber dari hasil surfing di mbah google ada yang sama dan ada juga yang beda. Dalam kesamaan dan perbedaan 
teknik mempercepat komputer yang ada, Saya hanya mengambil beberapa saja dan Saya modif lagi dengan cara mengkombinasikan teknik-teknik tersebut kedalam sebuah rangkuman panduan yang Saya simpan di diarykudiblog ini dan sebelumnya sudah Saya praktekkan baik di windows xp sp2 maupun sp3 dengan hasil yang cukup menggemaskan.

Sebenarnya lambat atau cepatnya suatu komputer pada saat loading maupun pada saat beroperasi itu terdapat beberapa faktor antara lain:

1. Banyaknya aplikasi atau program yang terinstall padahal ada beberapa program yang sebenarnya tidak begitu diperlukan tetapi kita tidak menyadarinya,
2. Memmory ram yang kurang memadai,
3. Virus-virus yang merajarela,
4. Aktifnya program-program yang tidak begitu penting untuk di aktifkan, dll.

Lalu bagaimana cara mengobati komputer yang lemot tersebut?

Untuk 
mengatasi masalah kinerja komputer lambat dapat dilakukan dengan dua cara: cara pertama adalah cara dalam versi berbayar. Cara berbayar lebih simple tapi memerlukan dana, dan cara kedua adalah yang secara gratis tetapi membutuhkan pengetahuan dan keberanian dalam mengobrak-abrik setting komputer. Mau pilih yang mana??? Kalau Saya pakai yang gratisan saja dech, soalnya kalau yang berbayar tidak murah harganya....bagi yang memilih gratisan, yuk kita pakai cara berikut ini:

1. Non aktifkan atau disabled kan program-program yang tidak terlalu dibutuhkan. 

* Klik start menu->run->ketik msconfig->ok. 
* Pilih tab "service" dan "start up", 
* Unceheck services berikut dari kedua tab tadi: IPSEC, telnet, Automatic Update, Network Provisioning Service, Fast User Switching. 
* Klik "Ok", restart computer. Setelah restart checklist pada kotak pertanyaan yang muncul->klik "Ok".

2. Unninstall program aplikasi yang menurut Anda tidak penting atau jarang digunakan. Saran Saya jika Anda memiliki aplikasi yang jarang sekali digunakan lebih baik aplikasi atau software tersebut dijadikan portable. Klik 
cara membuat aplikasi atau software portable.

3. Bersihkan komputer Anda dari segala macam virus, antivirus andalan Saya sich cuma Avast Free Antivirus. Klik saja "
cara mudah membersihkan komputer dari virus".

4. Tweak registry Windows XP Computer Anda agar performance nya lebih baik. Klik saja "
cara tweak registry untuk mempercepat kinerja komputer windows xp". 

5. Defragment computer Anda tiap seminggu sekali.

* Klik start menu->run->ketik dfrg.msc->ok
* Pilih partisi C: klik defrag dan tunggu sampai selesai. Jika masih ada partisi lain seperti D:, E:, lakukan defrag juga partisi-partisi tersebut setelah partisi C: selesai 

6. Lakukan Disk Cleanup.

* Klik start menu->run->ketik cleanmgr.exe dan tunggu sampai selesai.

Begitulah 
tips dan tricks mempercepat komputer yang pernah Saya praktekkan. Jika setelah melakukan tips ini tetapi komputer Anda tetap lemot, perhatikan memmory RAM pc Anda. Yang Saya pakai 256MB, selama tidak terlalu banyak aplikasi trlalu besar, pc Saya tetap lancar tetapi setelah banyak program yang harus Saya install sekarang RAM Saya sudah diganti ke 512MB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar